Notification

×

Iklan

Iklan

Kegiatan Adiwiyata Siswi SMP N 01 Tirto Bersama KKN Mahasiswa IAIN Pekalongan

Friday 8 April 2022 | 03:17 WIB Last Updated 2022-04-07T20:17:32Z
PEKALONGAN, BIN.NET || Adiwiyata merupakan sebuah nama program pendidikan lingkungan hidup. Yang mana upaya membangun program yang baik dan ideal,guna untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, berbagai norma,serta etika,dan dapat menjadi dasar menuju terciptanya kesejahteraan hidup dan cita cita pem
bangunan berkelanjutan.  

SMP N 01 Tirto Kabupaten Pekalongan, Kamis (7/4) beberapa siswinya atau secara kelompok,yang didampingi oleh mahasiswa dan mahasiswi IAIN Pekalongan yang sedang  menjalankan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di SMP N 01 Tirto,telah melaksanakan kegiatan pembuatan pestisida alami atau obat pembasmi hama pada tanaman,serta pembuatan telur asin,dalam rangka adiwiyata yang ada di Kabupaten Pekalongan. 

Enggal (mahasiswi) IAIN Pekalongan memaparkan,bahwa untuk pembuatan pestisida bahan bakunya dari alami. Antara lain yaitu,ada bawang merah,bawang putih,kunyit,laos,dan lidah buaya. Sedangkan untuk proses pembuatan pestisida alami tersebut,bahan bahan yang ada dijadikan satu kemudian diulek sampai lembut lalu dicampur atau diberi air,dan setelah itu bisa langsung digunakan dengan cara disiramkan pada tanaman."tuturnya.

Selanjutnya,Muhamad Rizky (mahasiswa) menambahkan,bahwa untuk proses pembuatan telur asinnya yaitu tanah liat yang sudah diaduk dengan abu dan garam lalu dibalurkan ke masing masing telur,setelah itu didiamkan selama dua minggu dan jadilah telur asin. Tujuan daripada kegiatan ini untuk memajukan kegiatan adiwiyata yang ada di Kabupaten Pekalongan,khususnya untuk SMP N 01 Tirto ini,dan kebetulan temanya KKN sama,adiwiyata.
Dengan kegiatan ini harapannya bisa menambah ilmu,wawasan,dan motivasi, anak anak SMP N 01 Tirto." jelasnya.

Selanjutnya ditempat terpisah,Kepala Sekolah SMP N 01 Tirto, Jumadi,S Pd.,
mengatakan,pada prinsipnya kami memanfaatkan tumbuhan yang ada disekolahan ini,termasuk pembuatan pestisida tersebut bahan bakunya bukan kimia,sehingga bahannya itu diambil yang ada disekitar. 

Karena bahan bahan itu ada,kita buat produk lain sehingga bisa ada manfaat lain,misalnya seperti pestisida ini salah satunya bahan adalah dari lidah buaya. Karena di adiwiyata itu memang ada kelompok yang wirausaha,kebetulan ini juga ada adik adik dari  KKN,IAIN Pekalongan untuk mendampingi anak anak dalam rangka adiwiyata tersebut." kata Jumadi

Masih lanjut Kepala Sekolah, 
Jumadi,S.Pd., kalau untuk telur asin sebenarnya sudah lama produksinya atau sudah beberapa tahun. Dan untuk penjualannya itu pada masyarakat sekitar,kemudian orangtua siswa,lalu bapak/ibu guru, dan siswa. Untuk program ada tiga yaitu,pembuatan telur asin, pestisida, ini termasuk baru dan kapsul daun kelor yang sudah louncing juga dan kita iklankan,karena disini banyak daun kelor. Dan sudah banyak yang memanfaatkan.Harapan saya untuk SMP N 01 Tirto ini,bahwa anak anak yang ikut ekstra ini atau kelompok ini nanti bisa mempraktekan sendiri unruk wirausaha bagi anak anak masing masing." jelasnya.

Dhodi R
close