-->

Mancing Dapat Sampah, Komunitas Angler Relawan Cikarang Anak Berikan Hadiah Pemancing..

BEKASI, BIN.Net  | | Sekolah alam bersama Komunitas Angler Relawan Cikarang dan anggota DPRD provinsi Jawa barat, melakukan penanaman pohon di sepanjang aliran sungai piket, ini di lakukan guna melestarikan lingkungan hidup di sungai tersebut, selain itu juga di adakan lomba memancing ikan baung yang di ketahui banyak terdapat di sungai tersebut.

Banyak nya ikan Baung yang mana diketahui diperkaya dengan Omega 3, Ikan alam jenis Baung  banyak  keberadaannya di kali Piket, desa Sukatenang, Kecamatan Sukawangi,  dan saat ini habitatnya masih terus terjaga dari pencemaran limbah berbahaya dikali tersebut, Senin (6/12/2021).

Seperti halnya yang dilakukan Komunitas Angler Relawan Cikarang tidak hanya melakukannya di kali piket namun juga melakukan Road Show-nya di kali-kali Bekasi. 

Bersama Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Komunitas Angler Relawan Cikarang juga melakukan penanam pohon dengan berpusat di sekolah alam milik Komarudin ibnu Hikam.

"Kali Piket ini salah satu kali yang akan kita pelihara, karena di aliran kali ini terdapat beberapa jenis ikan, termasuk ikan Baung yang memang diketahui diperkaya dengan Omega 3 sama halnya dengan jenis ikan Salmon, "ujar Yahya Komeng kordinator Angler Relawan Cikarang.

Bukan hanya limbah rumah tangga yang menjadi penyebab ikan mati, limbah pabrik yang berbahaya-pun mengancam keberlangsungan hidup ikan, kita berharap agar warga sekitar aliran kali tidak membuang sampah ke kali, agar keberlangsungan hidup ikan di aliran kali ini tetap terjaga.

"Yang kita tahu selain pemancing lokal, pemancing yang mancing disini, didominasi oleh pemancing dari luar wilayah Kabupaten Bekasi, seperti pemancing dari wilayah Cirebon, dan Bogor, "terangnya.

Intinya pemancing yang dapat sampah terbanyak dialah pemenangnya.

"Dapat ikan hasil pancingan adalah hadiahnya, pemancing yang mendapatkan sampah terbanyak dialah pemenangnya, "ungkapnya seraya mengatakan ada sebanyak 42 kali se Bekasi Raya yang akan di rawat keasriannya.

Sementara, Faizal Hafan Farid, SE.M.Si, anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawabarat mengatakan, Kegiatan ini reses yang dilakukan ini adalah kegiatan kolaborasi terpadu, sekaligus mencanangkan bagaimana kali Piket adalah sebagai kali percontohan, karena kali Piket, kali yang bersih dari limbah pabrik maupun rumah tangga, dan kali ini adalah kali yang sangat di senangi oleh para pemancing.

"Saya berharap, ini menjadi contoh untuk aliran kali yang lain dan dapat ditularkan, ini adalah inisiasi yang luar biasa yang dilakukan oleh komunitas ARC, "jelasnya.

Menurutnya, kwalitas air kali sangat menentukan keberlangsungan ekosistem ikan alam, jangan sampai aliran kali di kali Piket tercemar oleh limbah berbahaya, dan sampah rumah tangga.

"Karena disini adalah habitat-nya ikan kali alam jenis Baung dan sejenisnya, kita akan pelihara habitat-nya, di kali Piket Bekasi, "terangnya. (ADE.S)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Latest News

Back to Top