-->
MEDIA BAROMETER INDONESIA NEWS. TAJAM DAN AKURAT

SMAN 4 CIBINONG MENERIMA SERTIFIKAT ISO 9001;2015

BOGOR, BIN.Net || SMAN 4 Cibinong menggelar acara seremonial penerimaan sertifikat ISO 9001;2015. Acara dihadiri oleh Kasubag CD Wilayah 1, Kasi Pengawasan CD Wilayah 1, Koordinator Pengawas, pihak konsultan PT Asia Uniglobal Indonesia, pengurus Komite SMAN 4 Cibinong, guru dan tenaga administrasi sekolah. Acara dipandu oleh ibu Inggit Yuani. Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipandu oleh ibu Revi Restiani Janwar. Selasa, (12/10/2021).

Dilanjutkan dengan doa pembukaan oleh Ustad Rizal, Sambutan-sambutan, penerimaan sertifikat ISO 9001:2015, dan ditutup dengan foto bersama.
International Organization for Standardization atau lebih dikenal sebagai ISO adalah salah satu Standar Internasional dalam sebuah sistem manajemen untuk pengukuran mutu organisasi, yang memegang peranan penting dalam mengukur bagaimana kredibilitas suatu lembaga/ perusahaan.Dalam upaya untuk meningkatkan mutu layanan, lulusan, dan pelaksanaan kegiatan yang sesuai dengan standar ISO, maka diperlukan sertifikasi.

Sebagai  sekolah yang baru seumur jagung, ,SMAN 4 Cibinong  telah memberanikan diri untuk melaksanakan program ISO dengan bimbingan pihak konsultan PT Asia Uniglobal Indonesia . Program ini merupakan salah satu pilihan bagi SMAN 4 Cibinong,  semata-mata untuk memberikan pelayanan prima kepada peserta didik, orang tua, dan masyarakat.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Kepala SMA Negeri 4 Cibinong, Drs. Ero Ansori, M.M. disambut baik oleh seluruh warga sekolah. Bak gayung bersambut, akhirnya  program ini dimulai pada bulan Maret 2021. Ada beberapa tahapan yang telah dilakukan: Perencanaan, Pengorganisasian Pelaksanaan ISO 9001:2015 dan Asesmen Diagnostik, Pelatihan Pengenalan (Awareness) SMM ISO 9001:2015, Penyempurnaan Manual, Prosedur, Instruksi Kerja dan Forms yang sudah ada, Pengembangan dokumen terkait konteks organisasi, Pengembangan dokumen terkait aspek risiko dan peluang, Sosialisasi pemakaian dokumen ke tenaga pendidik dan  tenaga administrasi SMAN 4 Cibinong, Pelaksanaan Penerapan Sistem Manajemen ISO 9001:2015, Pelatihan Audit Internal, Pelaksanaan Audit Internal, Tindakan perbaikan Audit Internal, Pelaksanaan Rapat Tijauan Manajemen, 12. Pre Assesment Konsultan, Pendampingan Audit Sertifikasi Tahap 1, 14. Pendampingan Audit Sertifikasi  Tahap 2 (Final Audit), Tindakan perbaikan dan pencegahan.

Dalam melaksanakan program ini, SMAN 4 Cibinong membentuk tim khusus yang disebut Tim ISO. Tim ini terdiri dari berbagai bagian, mulai dari Para Wakasek, Kasubag TAS, Wakil Manajemen Mutu, Pengendali Dokumen, Koordinator BK, Kepala Laboratorium dan  Kepala Perpustakaan.

“Hari ini merupakan momen penting bagi keluarga besar SMAN 4 Cibinong, karena kita telah menerima sertifikat ISO 9001:2015 sebagai bukti segala usaha dan jerih yang kita lakukan selama 6 bulan ini”, ujar Drs. Ero Ansori, M.M. selaku kepala SMAN 4 Cibinong. Lebih lanjut beliau menambahkan, “suatu lembaga yang ingin maju membutuhkan komitmen bersama agar perjuangan yang dilakukan tidak sia-sia” ujar beliau.

Pada kesempatan yang sama, Koordinator  Pengawas Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 1, Dr. Drs. H. Ade Nurhudaya, M.M.  memberikan ucapan selamat dan apresiasi kepada seluruh warga sekolah. “Ini merupakan kegiatan yang sangat baik, karena SMAN 4 Cibinong telah memeroleh Standar Penjaminan Mutu. Dengan demikian, harus dapat memenuhi standar dan membantu meringankan tugas pengawas,  dapat bekerja sama dengan tim ISO untuk mengawal serta mempertahankan sekolah untuk selalu menghasilkan pelayanan prima”.

Selanjutnya, Kasi Pengawasan menambahkan bahwa tidak semua sekolah mau dan mampu menyelenggarakan ISO. SMAN 4 Cibinong tergolong berani dan telah membuktikannya. Pada kesempatan itu pula Kasubag Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 1, Junaidi Siswanto, S.Ip., M.Ak. mewakili Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 1 menyampaikan beberapa arahan. “Satuan Pendidikan akan menjadi juara jika ditunjang oleh tim manajemen  yang juara”. Tidak ketinggalan, beliau memberikan ucapan terima kasih dan selamat dengan harapan agar SMAN 4 Cibinong dapat mempertahankan kualitas. “Sedikit sekolah yang mau mensejajarkan diri dengan sekolah lain” ujar Junaidi.

Setelah mendengarkan beberapa sambutan, inilah saat yang ditunggu-tunggu di mana kepala SMAN 4 Cibinong, Drs. Ero Ansori, M.M. menerima secara resmi sertifikat ISO 9001:2015 yang diserahkan oleh Pak Togi Mangunsong, S.T. selaku konsultan PT Asia Uniglobal Indonesia. Kemudian acara ditutup dengan mengucapkan basmallah dan foto bersama.

Doni Asmon

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Latest News

Back to Top