Notification

×

Iklan

Iklan

SMAN 4 CIBINONG GELAR LABASA 3

Friday 29 October 2021 | 14:52 WIB Last Updated 2021-10-29T08:30:44Z
BOGOR, BIN.Net || Perhelatan akbar kembali digelar di SMAN 4 Cibinong. Penyerahan Hadiah bagi peserta Lomba Bahasa dan Sastra (Labasa) 3 dilaksanakan tepat pada hari Sumpah Pemuda, Kamis, 28 Oktober 2021. 

Kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan sukses dengan mengusung tema “KABUMI SASTRA”, 
akronim dari “Kompetisi Anak Bangsa untuk Menciptakan Intelektual Sastra”. Tema tersebut 
dipakai dalam even Labasa 2 dan 3 karena dinilai relevan dengan kegiatan tersebut. Adapun tema 
kegiatan merupakan ide Kepala SMA Negeri 4 Cibinong, Drs. Ero Ansori, M.M.

Ada sesuatu yang berbeda di Labasa 3 ini, karena bertambah kategori matalomba. Matalomba menulis cerpen dan baca puisi (bahasa Indonesia), Story Teeling (Bahasa Inggris), dan Pupuh Ageung (Bahasa Sunda). 

Pada kesempatan tersebut, Drs. Ero Ansori selaku Kepala SMAN 4 Cibinong dan juga sebagai Penanggung Jawab kegiatan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Panitia Labasa yang telah berupaya maksimal untuk menyelenggarakan kegiatan ini" Sasaran kegiatan ini adalah peserta didik SMP/MTs Negeri dan Swasta SeJabodetabek. Dengan tujuan untuk menggali potensi generasi muda di bidang Bahasa dan Sastra”, Ero Ansori menambahkan.

Pelaksanaan kegiatan telah dimulai sejak tanggal 15 September 2021 dengan beberapa tahapan. Mulai dari pendaftaran, taklimat, penggugahan karya, penilaian, pengumuman pemenang, dan penyerahan hadiah lomba. Menjadi kebanggan bagi seluruh Panitia Labasa karena dapat melaksanakan acara Puncak kegiatan di hari Sumpah Pemuda. Seluruh peserta nominasi lomba Bahasa dan Sastra sangat antusias mengikuti acara tersebut. 

Adapun jumlah peserta lomba berjumlah 117 orang dengan rincian: Cerpen 29 orang , Puisi 41 orang , Story Teeling 25 orang, Pupuh Ageung 22 orang. 
Lomba Bahasa dan Sastra (Labasa) merupakan Program Kesiswaan yang dilaksanakan setiap tahun dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda. Acara tersusun dengan apik dan dipandu oleh Master of Ceremony kawakan Smafour, Pak Amsori, S. Pd. berpasangan dengan perwakilan Panitia Siswa, Alisia Naila. Acara dilakukan life streaming. 

Berikut rangkaian acaranya

1. Pembukaan,oleh MC, 

2. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dengan dirigen Nola Astria sebagai Panitia Siswa, 

3. Pembacaan doa dipimpin oleh Bapak Dede Sanjaya, S. Pd., 

4. Laporan Ketua Panitia, Ibu Christiene M. Tarima, S. Pd.,

5. Sambutan Kepala Sekolah, Drs. Ero Ansori, M.M., 

6. Sambutan Lurah Cibinong, Bapak Sugiyanto, S.Sos., 

7. Sambutan Komite diwakili oleh bendahara 
Komite, Ibu Eli Martis, 

8. Tampilan Gitar Akustik dari perwakilan peserta didik, 

9. Pebacaan nominasijuara 1,2,3, dan Favorit dengan kategori lomba: Menulis Cerpen, Baca Puisi, Story Teeling, dan Pupuh Ageung,

10. Pemberian Plakat, sertifikat, dan uang pembinaan, 

11. Pembacaan Juara Umum, 

12. Pemberian plakat dan sertifikat bagi juara umum, 

13. Kesan dari Juara Umum Labasa 3, 

14. Penutup. Sebagai acara tambahan foto bersama. 

Berikut Pemenang Lomba Bahasa dan Sastra 3 dengan kategorinya. 

Kategori Cerpen Juara 1, Tarisa Indira, SMP Smart Cibinong, Juara 2, Adinda Ajeng Fadillah, SMP Smart Cibinong, Juara 3, Chayara Arsalya Sandy, SMP Citra Nusa, Juara Favorit, Diennisa Tiara Kemuning, SMPN 2 Cibinong

Kategori Baca Puisi, Juara 1, Debora Srikandi Lammardohar Lumban Batu, SMPN 2 Cibinong
Juara 2, M. Ramzi Daffa Taslimin, SMPIT Rahmaniyah Boarding School, Juara 3, Abigail Yaffa Mahendra, SMP Mardi Waluya Cibinong, Juara Favorit, Raisa Adelia, SMPN 1 Rancabungur

Kategori Story Teeling Juara 1, RenataChristina Lim, SMP Mardi Waluya Cibinong, Juara 2, Malia Arifa Yumna, SMP IT Al-Madinah, Juara 3, Latisha Islami Bimantara, SMP Puspanegara Juara Favorit, Cintya Alim Saphira, SMPN 4 Cibinong

Kategori Pupuh Ageung
Juara 1, Hanif Raditya Utama, SMP Negeri 2 Bojonggede, Juara 2, Keyla Putri, SMP PGRI 1 Cibinong, Juara 3, Prasasti Shimarani, SMP Al-Azhar Syifa Budi, Juara Favorit, Hanif Raditya Utama, SMP Negeri 2 Bojonggede, Sebagai Juara Umum, SMP Smart Cibinong.

Penyerahan hadiah bagi pemenang dilakukan layaknya seperti penerimaan “award”, diiringi music pengantar dan membuat pemenang nominasi merasa “deg-degan”. 

“Kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik berkat dukungan dari berbagai pihak, baik dari sponsor utama, yakni Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbudristek, sponsor lainnya, seperti: BJB, BNI, LP2K, Bimbel Prosus Inten Bogor, Emina Beauty, Toko Buku Gramedia Cibinong, CV Anugerah Sejahtera, PT ABC President Indonesia, Air Minum TDS NOl, UMKM Cibinong, dan Ruang Guru Bogor serta orang tua peserta didik SMA Negeri 4 Cibinong. 

“Pada hari yang spesial ini, kami mengucapkan terima kasih kepada Kepala Sekolah yang telah memberikan kepercayaan penuh kepada kami dalam melaksanakan kegiatan ini, rekan-rekan Panitia guru dan siswa,tim juri, para guru pembimbing, peserta lomba, dan para sponsor. Semoga pada Lomba Bahasa dan Sastra (Labasa) di tahun yang akan datang akan lebih baik lagi”, ujar 
Sutrisna selaku Penanggung Jawab Teknis Kegiatan menutup wawancara dengan awak media.

Doni Asmon 
close